Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Sunday, 30 October 2016

Mengatasi Suara Berisik di Mesin Ketika Kopling Ditekan

Advertisement

Mengatasi Suara Berisik di Mesin Ketika Kopling Ditekan - Hai pecinta otomotif, Kembali lagi saya akan sharing pengalaman pribadi saya tentang dunia motor. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi suara berisik dari mesin sebelah kanan ketika kopling atau handle ditekan. Suara berisik yang terdengar seperti bunyi ngelitik ketika kopling ditekan. Apa penyebabnya? Dan bagaiamana cara mengatasinya? Yuk simak.

Mengatasi Suara Berisik di Mesin Ketika Kopling Ditekan


Penyebab suara berisik pada mesin.

Penyebab yang paling sering terjadi yaitu bearing atau laher kopling atau nama kerennya Clutch Release Bearing sudah aus, pecah atau rusak. Hal ini disebabkan karena pemakaian sehari-hari.
Ciri-ciri yang paling umum yang terjadi jika Clutch Release Bearing rusak adalah suara berisik ketika kopling ditekan, mesin nyendat-nyendat atau ogah-ogahan ketika gas dibuka dan kopling yang molor.


Cara mengatasinya

Ganti Clutch Release Bearing yang rusak dengan yang baru. Harga Clutch Release Bearing yang berkualitas berkisar antara 20 ribu sampai 23 ribu rupiah saja.
Kadang jika gejala rusak diikuti kopling yang molor, harus mengganti seal koling juga. Harga seal koling original berkisar 20 ribu rupiah.
Tarif pemasangan seal kopling dan Clutch Release Bearing di bengkel berkisar antara 15 ribu sampe 20 ribu saja.

Mengatasi Suara Berisik di Mesin Ketika Kopling Ditekan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad syaifudin

0 Response to "Mengatasi Suara Berisik di Mesin Ketika Kopling Ditekan"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.