Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Thursday, 27 October 2016

Efek Motor Terkena Air Asin atau Banjir Rob

Advertisement

Efek Motor Terkena Air Asin atau Banjir Rob - Musim penghujan telah tiba. Ada baiknya bagi kamu para biker yang sedang berkendara untuk lebih berhati-hati. Apalagi jika harus melewati genangan banjir. Tentunya tinggi air dan resiko kerusakan yang nanti terjadi pada motor harus dipikirkan terlebih dahulu. Salah satunya adalah beberapa resiko yang akan saya bahas terkait dengan bahaya motor jika terkena banjir rob atau air asin. Apa saja efek yang terjadi pada motor jika melewati atau terkena air asin atau banjir rob? Yuk simak.

Efek Motor Terkena Air Asin atau Banjir Rob

#1
Rantai berisik

Efek yang terasa langsung ketika motor terkena banjir atau air laut adalah rantai motor yang berisik. Hal ini disebabkan karena oli rantai yang mengering. Saran saya, selalu siapkan oli rantai semprot di bagasi motor kamu.

#2
Krom cepat mengelupas


Jika motor kamu menggunakan aksesoris yang mempunyai permukaan krom, ada baiknya untuk menghindari banjir rob atau air asin. Jika air asin menempel dan mengering pada permukaan krom, efek yg timbul adalah krom akan sedikit mengelupas biasanya pada sisi krom yang paling sulit dijangkau atau bagian pojok-pojok. Cara mengatasinya adalah segera cuci krom dengan air tawar dan lap sampai benar benar kering.

#3
Krom mengusam.

Hal lain yang dapat ditimbulkan oleh air asin dan banjir rob adalah krom yang mengusam. Hal ini biasanya disebabkan oleh air kotor yang dibiarkan kering pada permukaan krom. Cara mengatasinya yaitu dengan segera mencuci permukaan krom dengan air tawar atau bisa juga lumuri permukaan krom dengan bensin,oli atau gemukan lalu gosok perlahan lalu cuci dengan sabun.

#4
Leher knalpot berkarat.

Bagian yang paling mudah terkena dampak banjir atau air asin adalah leher knalpot. Karena leher knalpot berada di bagian bawah dan bersentuhan langaung dengan air banjir. Cara mengatasinya sama seperti yang saya bahas diatas yaitu dengan segera mencuci leher knalpot dan lap hinggga kering.

#5
Tuas rem dan perseneling underbone kaku.

Efek banjir rob dan air asin yang dapat dirasakan pengguna footstep underbone adalah sendi atau laher perseneling dan tuas rem yang kaku. Hal ini disebabkan laher atau bearing motor berkarat. Cara mengatasinya adalah dengan melumuri bearing dengan oli.

#6
Ruji motor kusam.

Ruji motor yang terkena banjir atau air asin akan langsung kusam jika dibiarkan mengering. Jika kamu menggunakan ruji krom, tentunya ruji akan cepat berkarat. Segera cuci ruji dan sikat agar ruji tidak mengusam.

Efek Motor Terkena Air Asin atau Banjir Rob Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad syaifudin

0 Response to "Efek Motor Terkena Air Asin atau Banjir Rob"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.