Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Wednesday, 1 June 2016

Cara Membuat Rem Tromol dengan Underbone Lebih Pakem

Advertisement

Cara Membuat Rem Tromol dengan Underbone Lebih Pakem – Rem tromol masih banyak digunakan pada motor keluaran terbaru. Rem tromol dianggap lebih nyaman dipakai ketingbang rem cakram yang lebih pakem namun memiliki sifat yang lebih spontan. Bahkan rem tromol juga masih banyak digunakan oleh pembalap motor bebek pada kejurnas indoprix. Keunggulan inilah yang membuat rem tromol masih banyak digunakan sampai sekarang.
Bagi beberapa rider yang menggunakan footstep underbone pada motornya, banyak mengeluhkan rem tromol yang kurang pakem ketika digunakan. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah setelan rem yang kurang pas dan tuas rem tromol yang kurang pas penempatannya sehingga kampas rem kurang menggigit. Bagi kamu yang masih memiliki masalah terkait dengan rem tromol motornya yang kurang pakem ketika menggunakan footstep underbone, kali ini saya akan memberikan sedikit tips buat kamu. simak yuk.

Cara Membuat Rem Tromol dengan Underbone Lebih Pakem

1. Ganti tuas rem standar motor yang berbahan besi dengan Seling rem.
Seling rem merupakan aksesoris motor yang berfungsi seperti tuas rem yaitu untuk menarik pelatuk atau paha rem namun seling rem memiliki bahan yang lebih lentur sehingga lebih fleksibel. Seling rem memiliki bentuk seperti kawat besi. Seling rem lebih baik digunakan ketika menggunakan underbone daripada menggunakan tuas rem berbahan besi kaku pada rem tromol. Harga yang ditawarkan untuk sebuah seling rem cukup murah, hanya berkisar 120 sampai 150 ribu saja.

Cara Membuat Rem Tromol dengan Underbone Lebih Pakem

2. Ubah posisi paha rem menjadi mengarah ke atas.
Sebagian besar dari kita pasti sudah tahu cara ini. Dengan mengubah posisi paha rem mengarah ke atas membuat paha rem dapat ditarik oleh footstep underbone dengan sempurna dari pada posisi paha rem yang mengarah kebawah.

3. Sesuaikan setelan rem sampai benar benar pakem.
Sesuaikan setelan rem kamu sampai benar benar pakem. Pastikan kampas rem dapat menjepit dengan sempurna ketika rem digunakan. Kencangkan setelan rem senyaman mungkin sesuai tipe rem yang kamu kehendaki.

4. Ganti paha rem standar motor dengan paha rem yang lebih panjang.
Bukan menjadi rahasia lagi jika mengganti paha rem dengan ukuran yang lebih panjang mampu membuat rem tromol menjadi lebih pakem. Sebagai saran, kamu bisa gunakan paha rem yamaha bison dengan panjang sekitar 15 cm.

Berikut tadi beberapa tips agar rem tromol kamu dapat lebih pakem ketika menggunakan footstep underbone. Semoga dapat bermanfaat. Share ya.

image : gozil

Cara Membuat Rem Tromol dengan Underbone Lebih Pakem Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad syaifudin

0 Response to "Cara Membuat Rem Tromol dengan Underbone Lebih Pakem"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.