Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Thursday, 7 January 2016

Cara Mengecat Knalpot dan Lehernya

Advertisement

Cara Mengecat Knalpot dan Lehernya – Knalpot merupakan saluran pembuangan sisa pembakaran motor. knalpot menjadi komponen yang penting dan berkaitan dengan performa motor. beragam bentuk knalpotpun beredar, mulai dari bentuk tabung, oval, trioval dan masih banyak lainnya. Selain itu, bahan pembuat knalpot juga beragam mulai dari besi, almunium, titanium dan stainless. Dari beragam bahan knalpot yang digunakan, knalpot dengan bahan titanuim, stainless dan almunim lah yang tahan terhadap karat.

Cara Mengecat Knalpot dan Lehernya

Lain halnya dengan knalpot berbahan besi yang lebih rentan terhadap karat jika kurang perawatan. Bagian yang paling rentan terhadap karat yaitu leher knalpot karena leher knalpot merupakan bagian knlapot yang cukup susah untuk dijangkau ketika dibersihkan. Jadi bagian leher knalpot lah yang paling sering berkarat.
Tapi jika sudah berkarat, apa yang bisa kita lakukan? Agar knalpot tetap awet dan tidak timbul karat lagi kamu bisa mengecatnya ulang atau bisa juga di krom. Nah kali saya akan memberikan tips dan trik bagaimana cara mengecat knalpot yang berkarat. Simak yuk.

Cara mengecat knalpot dan lehernya

Siapkan bahan bahan berikut :


  • Amplas kasar dan halus.
  • Cat semprot Hi-Temp (cat khusus anti panas)


1. Hilangkan karat pada permukaan knalpot dan lehernya dengan amplas kasar. Jika karat sudah hilang, lanjutkan dengan mengahaluskan permukaannya dengan amplas halus.

2. Cuci knalpot dan leher yang sudah diamplas dengan air sampai bersih.

3. Keringkan knalpot dan jika sudah kering mulailah mengecat permukaannya dengan cat khusus anti panas atau Hi-Temp.

Penjelasan Cat Hi-temp

Cat Hi-Temp merupakan cat khusus yang diformulasikan untuk permukaan benda yang memiliki suhu tinggi atau panas. Cat ini tidak akan meleleh walaupun menempel pada komponen yang bersuhu tinggi, bahkan cat hi-temp juga tahan terhadap api. Cat Hi-temp biasanya berupa cat semprot. Cat semprot hi-temp biasanya berwarna silver dan hitam doff. Cat hi-temp biasanya diaplikasikan untuk komponen komponen motor seperti blok mesin dan knalpot. Harga untuk 1 kaleng cat semprot hi-temp berkisar antara 25 ribu sampai 130 ribu tergantung merek dan ukuran.

Cara Mengecat Knalpot dan Lehernya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad syaifudin

1 Response to "Cara Mengecat Knalpot dan Lehernya"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.