Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Thursday, 10 December 2015

Cara Mengendarai Motor Kopling

Advertisement

Cara Mengendarai Motor Kopling – Motor kopling sering sering di identikan dengan motor yang memiliki tuas handel kopling pada stang padahal tidak sepenuhnya benar. Sedikit penjelasan, motor kopling terbagi menjadi 2 yaitu motor dengan kopling otomatis dan motor kopling manual. Motor kopling otomatis biasanya terdapat pada motor bebek. Tuas kopling pada kopling otomatis di tarik dengan bantuan injakan kaki karena terhubung langsung dengan gigi transmisi ketika kita menambah gigi, oleh sebab itu disebut kopling otomatis.

Berbeda dengan motor kopling manual, penarikan tuas kopling dilakukan dengan bantuan tangan. Tuas kopling terdapat pada sisi kanan stang motor kita. memang agak sedikit repot jika menggunakan kopling manual, namun kopling manual memiliki kelebihan akselerasi dan power yang bagus.

Sebelum menaiki motor kopling, kamu harus tahu pola gigi transmisinya. Terdapat 2 jenis pola pergerakan gigi motor. yaitu 1-N-2-3-4-5 dan N-1-2-3-4 (Rotari).

Pola 1-N-2-3-4-5 Maksudnya, gigi motor dimulai dari Netral (N) lalu masuk ke gigi 1 dengan cara di injak pedal perseneling bagian depan (gambar 1) dan untuk masuk ke gigi 2 dan seterusnya di injak pedal perseneling pada bagian belakang atau di cukil (gambar 2). Seperti terlihat pada gambar.

Cara Menjalankan Motor Kopling

Pola 1-N-2-3-4-5 biasanya terdapat pada motor dengan jumlah gigi perseneling lebih dari 4 dan ber-cc antara 125 keatas, namun tidak semuanya juga lho. Contoh motor dengan pola gigi 1-N-2-3-4-5 adalah :
- Suzuki Shogun SP 125.
- Honda CS1.
- Yamaha New jupiter Mx.
- Honda Supra Xx / Double X
- Semua motor dengan cc antara 150 dan diatasnya.

Contoh motor kopling dengan pola N-1-2-3-4 :
- Yamaha Jupiter Mx
- Yamaha F1ZR

Jika sudah paham dengan pola transmisi motor yang kamu kendarain, lalu bagaimana cara menaiki atau menjalankan motor kopling manual ini? Yuk simak tutorial berikut ini.

1. Hidupkan mesin dengan Starter motor, jika menggunakan Kick starter jangan tekan tuas kopling terlebih dahulu.

2. Jika motor sudah hidup, mulai dengan menekan tuas kopling motor. dengan posisi masih menekan tuas kopling motor, masukkan gigi 1 dengan cara di injak ke arah depan.

3. Mulailah membuka gas pelan-pelan diikuti dengan melepas tuas kopling secara perlahan. Jangan terlalu cepat melepas tuas kopling ya. Melepas tuas kopling harus di imbangi dengan membuka gas motor.

Jika kamu baru belajar naik motor kopling pertama kali, pasti motor akan tersendat dan mati. Namun jika kamu ulangi terus-menerus pastinya kamu bakal semakin lihai.

4. Jika motor sudah berjalan pada posisi gigi 1, lanjutkan dengan nenambah kecepatan dan oper ke gigi 2 dengan cara menekan tuas kopling lalu injak perseneling ke gigi 2 dan lepaskan kopling lagi dengan perlahan sambil membuka gas.

5. Untuk menambah gigi 2 dan selanjutnya lakukan hal yang sama seperti poin 4.

6. Untuk mengurangi gigi, tekan tuas kopling dan injak perseneling ke gigi rendah, lalu buka tuas dengan perlahan juga.

7. Jika motor dalam keadaan pelan, kamu juga perlu menekan tuas kopling, agar motor tidak mati atau tersendat-sendat. Tekan tuas kopling setengahnya ketika motor dalam keadaan pelan.
Sesuaikan kecepatanmu dengan posisi gigi ya, jika berkendara dengan kecepatan rendah, pasang gigi ke posisi rendah juga.

8. Berlatihlah setiap hari, agar kamu bisa menaiki motor kopling dengan lancar.

Cara Mengendarai Motor Kopling Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 Response to "Cara Mengendarai Motor Kopling"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.