Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Thursday, 31 December 2015

Cara Membedakan Bodi Motor Asli Pabrikan dan Bodi KW/Palsu

Advertisement

Cara Membedakan Bodi Motor Asli Pabrikan dan Bodi KW/Palsu – Sebuah bodi motor didesain sedemikian rupa sehingga aerodinamis atau dapat membantu motor membelah udara dan dapat melaju lebih cepat. Seiring dengan perkembangan jaman, banyak sekali produsen bodi motor yang non ori ikut membuatnya karena kebutuhan pasar yang cukup banyak.
Namun tentu saja bodi motor KW atau palsu ini memiliki kekurangan dibandingkan bodi asli motor buatan pabrik. Agar kamu dapat membedakan mana bodi motor palsu dan mana bodi motor asli, berikut ini saya ulas perbedaan keduanya.

1. Bodi motor asli berbahan plastik ABS.

Bahan pembuat bodi motor asli adalah plastik ABS. Apa itu plastik ABS? Akan saya jelaskan sedikit ya.
Plastik ABS atau singkatan dari Acrylonitrile Butadiene Styrene adalah bahan polimer yang memiliki banyak fungsi, karena kekuatannya, kelenturannya dan harganya yang murah. Bahan utama pembuat palstik ABS adalah butadiene yaitu sejenis karet.
Palstik ABS biasanya diaplikasikan pada peralatan elektronik seperti TV, mouse dan komputer, komponen otomotif, peralatan medis, helm dan masih banyak lainnya.
Sifat yang paling dicari dari plastik ABS ini adalah ketahannya terhadap suhu , ringan dan kuat. Umumnya ABS dapat berlatan dari suhu antara -20 derajat sampai 80 derajat celcius.
Bodi motor asli biasanya memiliki cap berupa tulisan ABS pada permukaan bagian bawah. Seperti pada gambar.

Cara Membedakan Bodi Motor Asli Pabrikan dan Bodi KW/Palsu

2. Cat bodi motor asli lebih tahan lama dan berkualitas.

Ciri ini yang paling sulit untuk mengetahui apakah itu cat berkualitas baik atau kualitas buruk. Jika dalam kondisi baru, bodi motr asli dan KW sama-sama mengkilap. Namun keduanya memiliki perbedaan. Cat bodi motor asli biasanya rapi, tidak bergelombang dan rata. Cat bodi motor yang KW biasanya kurang rapi pada sela-sela yang sulit untuk dilakukan pengecatan. Jika digunakan dalam jangka waktu lama. Bodi motor KW catnya cenderung memudar atau memutih.

3. Bodi motor KW memiliki sisi yang kurang rapi.

Ciri ini yang paling mudah untuk diketahui. Perhatikan sisi samping dari bodi motor kamu. Bodi motor asli memiliki sisi yang halus dan tidak tajam. Sedangkan bodi motor KW atau aspal memilki sisi bodi yang kasar atau tidak rapi.

4. Bentuk bodi motor asli lebih presisi.

Bentuk bodi motor asli selalu pas jika dipasang pada tempatnya atau presisi. dibandingkan dengna bodi motor aspal atau Kw yang kadang kurang presisi sehingga membutuhkan sedikit penyesuaian.

5. Bodi motor asli harganya lebih mahal.

Kalau yang satu ini pasti sudah pada tahu ya. bodi motor yang aspal atau KW memang lebih terjangkan dibandingkan bodi motor yang asli. namun tentu saja tingkat keawetan bodi asli lebih baik dibandingkan bodi palsu.

Berikut tadi ciri-ciri dan perbedaan bodi motor yang asli pabrikan dan yang aspal atau Kw. Semoga tips tadi dapat menjadi pengetahuan bagi kamu dan lebih berhati-hati dalam memilih bodi motor untuk sang kuda besi.

Cara Membedakan Bodi Motor Asli Pabrikan dan Bodi KW/Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad syaifudin

0 Response to "Cara Membedakan Bodi Motor Asli Pabrikan dan Bodi KW/Palsu"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.