Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Friday, 27 November 2015

Teknik Cornering atau Berbelok Seperti Pembalap

Advertisement

Teknik Cornering atau Berbelok Seperti Pembalap – Cornering merupakan teknik berbelok pada motor. Cornering sering dikaitkan dengan motor balap atau road race padahal tidak sepenuhnya benar. Setiap orang pasti pernah melakukan cornering, cornering biasa kita lakukan ketika menghadapi jalan menikung. Namun, sudut kemiringan yang di dapat berbeda-beda, tergantung kecepatannya.
Teknik cornering layak untuk kamu pelajari karena teknik ini berkaitang dengan keselamatan ketika berkendara di jalan raya. Contohnya ketika kamu menghadapi jalan menurun dan menikung, pastinya kamu butuh teknik cornering. Jika tidak, bisa-bisa motor keluar dari jalurnya.
Sekedar sharing nih bagaimana cara cornering yang benar dan bisa kamu terapkan di jalan atau di arena balap alias road race. Yuk simak.

Teknik Cornering atau Berbelok Seperti Pembalap

1. Siapkan posisi motor untuk menikung.

Posisikan motor untuk siap-siap menikung. Tehniknya hampir sama seperti mobil yang hendak berbelok. Jika ingin berbelok ke arah kiri, maka motor di arahkan ke sebelah kanan terlebih dahulu. Begitu juga sebaliknya, jika ingin berbelok ke arah kanan, maka motor di arahkan ke sebelah kiri lalu stang diarahkan ke kanan. Hal ini bertujuan untuk mendapat sudut tikungan yang pas.

Baca juga : Cornering dengan ban standar

2. Posisi tubuh yang benar.

Posisi tubuh yang benar saat melakukan cornering yaitu :

- Posisi badan mengikuti arah belokan. Jika berbelok kearah kiri maka badan juga ikut condong kearah kiri. Begitu pula sebaliknya. Posisi badan tidak boleh mengarah sebaliknya agar motor mudah dikendalikan.

- Posisi tangan menekuk sesuai arahnya, contoh jika kamu berbelok kearah kiri maka tangan kiri ditekuk dan sebaliknya.

- Posisi kaki ditekuk dan dilebarkan sesuai arah belokan. Mirip-mirip pembalap gitu ya. Jika berbelok kearah kiri makan kaki kiri dilebarkan sedangkan kaki kanan di tutup atau di tempelkan pada motor. begitu juga sebaliknya.

- Jika ingin mendapatkan sudut kemiringan yang lebih sempit ketika menikung, ubah posisi dudukmu atau bokong ketika berbelok. Contoh, jika berbelok ke arah kiri, geser posisi dudukmu sedikit ke sebelah kiri juga. Apa tidak akan jatuh? Jawabnya tentu tidak. Posisi seperti ini menurut saya lebih nyaman dibandingkan tidak menggeser posisi duduk.

- Selain posisi duduk yang di geser ke kanan ataupun kiri, posisi duduk juga digeser sedikit kebelakang. Ini juga bertujuan agar motor mudah dalam dikendalikan. Namun jangan terlalu bergeser ke belakang ya, nanti kesetabilan pengendara bisa terganggu dan jatuh.

Teknik Cornering atau Berbelok Seperti Pembalap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 Response to "Teknik Cornering atau Berbelok Seperti Pembalap"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.