Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Monday, 23 November 2015

Cara Merawat Krom dengan Baik dan Benar

Advertisement

Cara Merawat Krom dengan Baik dan Benar – Krom merupakan lapisan pada benda yang mirip seperti cat dan berwarna mengkilap seperti kaca. Pelapisan krom dari caranya dibagi menjadi dua, yaitu dengan cara dicelup dan disemprot. Teknik krom dengan cara dicelup lebih awet serta merata dibandingkan pelapisan dengan tehnik disemprot. Krom dapat bertahan sampai kapanpun tergantung perawatannya.
Perawatan krom juga tidak susah, bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara merawat krom dengan benar berikut ini tipsnya agar krom kamu tetap awet.

Cara Merawat Krom dengan Baik dan Benar

1. Cuci krom dengan sampo motor jika kotor

Cucilah krom yang kotor dengan air dan sampo motor . sampo motor dipilih karena kandungan ph atau kadar keasamannya yang rendah. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan sabun cuci piring cair.
Cuci krom sampai bersih hingga kesela-sela karena kebanyakan krom mengelupas karena sela-selanya yang masih kotor. Gunakan juga spon halus agar krom tidak baret, untuk bagian sela-sela yang susah dijangakau, bisa gunakan bantuan sikat gigi atau kain kaos halus.

2. Jangan biarkan air hujan mengering dipermukaan krom

Air hujan mengadung kadar keasaman yang tinggi, yang dapat menyebabkan karat pada besi. Maka segeralah bersihkan air hujan yang menempel pada permukaan krom.
Bisa dibersihkan dengan cara di lap atau diguyur air bersih terlebih dahulu.
Jangan biarkan air hujan menempel pada permukaan krom lebih dari 2 hari ya, karena krom bisa berkarat.
Jika tidak ada waktu untuk membersihkannya bisa dengan cara disemprot air bersih bertekanan tinggi untuk sementara.

3. Gosok krom dengan bedak agar mengkilap.

Jika krom sudah kusam, kilapkan kembali dengan bantuan bedak setelah dibersihkan terlebih dahulu. Bedak yang digunakan adalah bedak tabur, bisa dengan merek apapun ya. Caranya dengan menggosok bedak ke permukaan krom secara searah dan berulang.
Cara kedua adalah gunakan autosol. Tapi jangan gunakan autosol atau sejenisnya secara berlebihan ya, karena autosol mempunyai sifat mengelupas. Jika terlalu sering menggunakan autosol, krom dapat menipis.

Cara Merawat Krom dengan Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad syaifudin

0 Response to "Cara Merawat Krom dengan Baik dan Benar"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.