Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Tuesday, 13 October 2015

Istilah Nama Suku Cadang Motor yang Jarang Kamu Ketahui (Bagian 1)

Advertisement

Istilah Nama Suku Cadang Motor yang Jarang Kamu Ketahui – Sebuah motor terbuat dari kumpulan komponen yang saling terhubung satu dengan yang lain. Komponen dalam sebuah motor juga sangat banyak jenisnya. Beberpa ada yang kita kenal dan ketahui serta sebagian lagi banyak yang belum kita kenal bahkan tidak tahu namanya. Nah dalam artikel ini akan saya ulas nama atau istilah komponen pada sebuah motor yang jarang kamu ketahui. Apa sajakah komponen itu? Yuk simak.

Istilah Nama Suku Cadang Motor yang Jarang Kamu Ketahui (Bagian 1)

Istilah Nama Suku Cadang Motor yang Jarang Kamu Ketahui

1. Paha rem

Paha rem merupakan komponen pada motor yang menempel pada tutup tromol belakang. Fungsinya sebagai tuas rem tromol belakang motor. Paha rem juga berfungsi menyetel kedalaman rem ketika diinjak.

2. Swing arm

Nama lain swing arm adalah lengan ayun, beberapa orang juga manyebutnya supit udang. Swing arm berfungsi menahan velg belakang pada motor. swing arm juga berfungsi sebagai tempat menempelnya shockbreaker motor. karena berhubungan dengan suspensi pada motor, swing arm selalu bergerak mengayun oleh sebab itu dinamakan lengan ayun.

3. Fender

Nama lain fender adalah spakbor, ada juga yang menyebutnya slebor. Seperti yang kamu ketahui, fungsi fender adalah menahan kotoran dan air agar tidak nyiprat ke komponen lain motor atau pengendara.

4. Nap gir.

Letak nap gear diantara velg belakang motor dan gear rantai. Fungsi nap gear adalah tempat menempelnya gir rantai dan sebagai komponen perantara penggerak velg motor.

5. Cover knalpot, cover kipas dan cover lain sebagainya.

Jika kita mendengan kata cover pasti berhubungan dengan pelindung atau perlindungan. Sama halnya dengan cover knalpot, cover knalpot adalah komponen pelindung knalpot bisa berbahan plastik, almunium atau apapun. Contoh lain adalah cover kipas, maka komponen kipas motor matik yang dilindungi dan seterusnya.

6. CVT

Kepanjangan dari CVT adalah Continuously Variable Transmission atau jika diartikan, sistem penggerak otomatis pada motor matic. Dimanakah tempat CVT pada motor? CVT tepat berada di samping kiri ban belakang motor.

7. V-belt

V-belt sering disebut juga linden, V-belt merupakan komponen penggerak roda motor seperti halnya rantai motor. Namun, V-belt berbahan lentur dan tidak berisik. Motor yang paling banyak mengaplikasikan V-belt adalah motor matik dan motor gede sejenis Harley Davidson.

8. Jalu stang.

Jalu stang adalah pelindung berbahan besi, alumunium atau plastik yang berada pada sisi stang motor. fungsinya melindungi sisi stang agar tidak berbenturan langsung dengan aspal ketika jatuh.

9. Oil cooler

Sejenis pendingin pada motor namun bagian yang didinginkan adalah oli motor. Oil cooler mendinginkan oli dengan cara memompa oli berulang-ulang ke pendingin yang didinginkan dengan bantuan udara. Motor yang sudah mengaplikasikan oil cooler adalah suzuki satria Fu.

10. Segitiga stang.

Segiriga stang adalah komponen yang berada disamping atau bawah stang motor yang berbentuk segitiga. Segitiga stang menghubungkan as shock depan dengan stang.

11. Kaliper.

Kaliper merupakan komponen tempat kampas rem cakram berada. Fungsinya untuk menekan cakram motor ketika dilakukan pengereman.

12. Master rem.

Master rem merupakan komponen yang berfungsi menekan oli rem sehingga kaliper dapat menekan cakram motor. komponen utama pengereman adalah master rem. Master rem berada di kanan stang motor dan memiliki tabung oli rem, master rem juga berada di pijakan rem jika motormu menggunakan rem belakang tipe cakram.

13. Behel

Behel atau begel, istilah lain untuk pegangan belakang pada motor untuk penumpang.

Istilah Nama Suku Cadang Motor yang Jarang Kamu Ketahui (Bagian 1) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 Response to "Istilah Nama Suku Cadang Motor yang Jarang Kamu Ketahui (Bagian 1)"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.