Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Monday, 14 September 2015

Efek Menggunakan Ban Kecil atau Ban Cacing

Advertisement

Ban motor merupakan komponen motor yang bersentuhan lansung dengan aspal yang fungsinya menghasilkan daya cengkram ketika motor melaju. Maka tak heran komponen ban sangat penting bagi keselamatan pengendara. Nah, kali ini syaifudin-arena akan membahas tentang apa saja efek jika kamu menggunankan ban lebih kecil dari ukuran standar. Seperti yang kita ketahui, ban kecil sekarang sedang booming karena munculnya berbagai aliran modifikasi. Tapi kita juga harus pintar dalam memilih aliran modifikasi yang akan kita pilih dan aplikasikan ke kuda besi kita. apa saja sih efek jika motor kita menggunakan ban lebih kecil dari standarnya? Lalu apa saja keunggulan dan kekurangan menggunakan ban ukuran kecil? Simak ulasannya.

Efek Menggunakan Ban Kecil atau Ban Cacing

Keunggulan menggunakan ban kecil

1. Akselerasi motor naik.
Keunggulan yang ini sering digunakan motor dalam ajang drag race. Motor dengan ban kecil cenderung memiliki akselerasi yang lebih kencang karena gaya gesek ke aspal cenderung lebih kecil.

2. Kaki-kaki motor jadi ringan.
Beban ban yang lebih kecil membuat mesin motor tidak terlalu terbebani sehingga kerja mesin lebih ringan untuk menggerakkan roda.

Kekurangan menggunakan ban kecil

1. Shockbreaker jadi keras.
Ban ukuran kecil memiliki tinggi ban yang kecil pula sehingga shockbreaker akan lebih bekerja keras dalam meredam getaran. Hal ini juga dapat menyebabkan shockbreaker cenderung lebih cepat bocor atau rusak. Sebaliknya, Ban yang tinggi memiliki redaman yang lebih baik karena getaran yang dihasilkan dari aspal dapat diredam oleh ban terlebih dahulu.

2. Keseimbangan motor berkurang.
Motor dengan ukuran ban yang kecil dapat mengurangi keseimbangan motor. karena sebuah pabrik motor pasti sudah memperhitungkan keseimbangan sebuah motor ketika dibuat. Sehingga diharapkan kita tidak mengganti atau mengurangi komponen tertentu yang dapat mengurangi keseimbangan motor itu sendiri.

3. Stang motor bergetar.
Hal ini juga karena tapak ban yang terlalu kecil menempel pada aspal serta beban ban depan yang terlalu ringan, sehingga motor lebih cepat oleng.

4. Susah bermanuver.
Ukuran ban motor yang terlalu kecil biasanya berbentuk kotak atau tidak membulat, karena ketika kita hendak berbelok, motor membutuhkan sisi lengkung ban untuk menahan beban dan pada ban kecil sisi lengkung tersebut sangatlah kecil atau sedikit sehingga hal ini menyebabkan motor susah untuk menikung atau bermanuver.

5. Kena tilang pak pol.
Yang ini bonus nih. Sesuai undang-undang yang berlaku di negara kita, ban yang tidak sesuai ukurnanya atau terlalu kecil dapat dikenai sanksi.

Jadi intinya, sebuah konsep modifikasi yang kita pilih pasti memiliki kekurangan dan kelebihan maka dari itu sesuaikan modifikasimu sesuai kebutuhan ya.

Efek Menggunakan Ban Kecil atau Ban Cacing Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 Response to "Efek Menggunakan Ban Kecil atau Ban Cacing"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.