Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Wednesday, 30 September 2015

Cara Memperbaiki Speedometer yang Mati

Advertisement

Cara Memperbaiki Speedometer yang Mati - Speedometer merupakan alat ukur kecepatan yang wajib ada pada setiap kendaraan bermotor menurut undang-undang. Jenis speedometer dibagi menjadi dua, yang pertama speedometer jenis analog yang masih mengandalkan teknologi konvensional dan speedometer digital dengan bantuan alat elektronik. Sama halnya dengan komponen motor lain, speedometer juga tak luput dari kerusakan. Salah satu yang sering dijumpai adalah speedometer tidak berfungsi atau mati. Nah, bagaimana cara memperbaiki speedometer yang sudah rusak? Dan apa saja penyebab rusaknya speedometer ? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Penyebab speedometer tidak berfungsi :

Cara Memperbaiki Speedometer yang Mati

1. Gigi adaptor speedometer aus.
Penyebab speedometer tidak berfungsi yang pertama adalah gigi adaptor speedometer yang aus. Gigi adaptor yang aus tidak dapat berputar sempurna mengikuti putaran velg menyebabkan speedometer tidak berfungsi atau kurang akurat. Gigi adaptor speedometer aus disebabkan oleh pemakaian sehari-hari atau umur speedometer yang memang sudah tua.

2. Gigi adaptor speedometer kotor.
Hal ini juga disebabkan oleh pemakaian sehari-hari. Adaptor speedometer yang kotor sebaiknya dilakukan pembersihan minimal 6 bulan sekali atau setiap kali servis ringan motor dilakukan agar speedometer berfungsi normal.

Cara Memperbaiki Speedometer yang Mati

3. Velg atau tromol rusak.
Sisi velg atau tromol motor yang rusak juga dapat menyebabkan speedometer tidak berfungsi. Gigi pada velg ini berfungsi menggerakkan gigi adaptor speedometer sehingga speedometer dapat berfungsi.

4. Kabel speedometer putus atau rusak.
Untuk yang satu ini mungkin semua orang sudah tahu. Kabel speedometer yang putus atau sobek sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

Cara Memperbaiki Speedometer yang Mati

5. Sambungan kabel ke speedometer copot.
Hal ini yang paling sering dialami. Kabel speedometer ke speedometer biasanya copot disebabkan oleh gesekan kabel kerika stang motor berbelok atau suspensi depan sedang bekerja. Kadang juga disebabkan oleh human error ketika sedang menyervis komponen motor disekitar area speedometer.

Cara Memperbaiki Speedometer yang Mati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 Response to "Cara Memperbaiki Speedometer yang Mati"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.