Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Wednesday, 16 September 2015

Cara Membuat Motor Semakin Kencang Tanpa Harus Bore Up

Advertisement

Kapasitas silinder sebuah motor akhir-akhir ini semakin berkembang, lihat saja sekarang motor sekelas matikpun dipersenjatai dengan mesin kapasitas 150 cc. Berbagai cara untuk meningkatkan performa motorpun dapat dilakukan. Salah satunya dengan cara bore up atau sekedar tune up. Bore up sendiri adalah meningkatkan kapasitas mesin dengan cara mengganti blok mesin dengan akuran yang lebih besar. Sedangkan tune up adalah meningkatkan kinerja mesin berkapasitas cc standar atau sering disebut servis mesin.
Bagi kamu yang ingin motormu semakin kencang namun tanpa mengganti kapasitas mesin, tune up bisa menjadi pilihan. Tune up juga lebih murah dibandingkan bore up. Lalu bagaimana cara meningkatkan performa motor tanpa harus mengganti kapasitas blok mesin? Bagian atau komponen apa saja pada motor yang harus diganti? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Motor Semakin Kencang Tanpa Harus Bore Up

1. Gunakan CDI racing

CDI berfungsi untuk membatasi kecepatan sebuah motor. CDI standar pada motor sudah dirancang untuk membatasi putaran mesin pada kecepatan tertentu. sedangkan CDI racing dirancang dengan batas putaran mesin yang lebih tinggi. Jadi, dengan mengganti CDI standar dengan CDI racing maka kecepatan akselerasi ataupun top speed motormu akan naik.

2. Gunakan knalpot racing.

Lubang keluar sisa pembakaran mesin motor juga sangat berpengaruh pada performa sebuah motor. Sisa pembuangan motor akan jadi lebih bebas dengan mengganti knalpot standar dengan knalpot racing. Penggantian knalpot racing juga dapat menaikkan akselerasi dan top speed motor.

3. Gunakan koil racing.

Koil merupakan komponen pada motor yang berfungsi mirip seperti pemantik api namun komponen yang dialiri listrik adalah busi motor. koil berhubungan dengan pangapian motor, semakin besar pengapian motor maka akan semakin baik. Koil racing yang paling sering digunakan adalah koil yamaha YZ125 thailand karena koil ini memiliki pengapian yang besar dan stabil. Selain itu tersedia juga koil racing aftermarket seperti merek ultra speed racing dan masih banyak lainnya.

4. Gunakan kampas kopling dan per kopling racing.

Mengganti kampas kopling dan per kopling berhubungan dengan akselerasi motor. kampas dan per kopling racing akan membuat akselerasi motor semakin cepat dan responsif. Pilihlah bahan kampas kopling dan per kopling yang berkualitas. Seperti kampas kopling yang berbahan kevlar. Kamu juga bisa mengadopsi kampas kopling milik motor lain selama tidak menggangu dan membebani kinerja mesin.

5. Gunakan gas spontan.

Gas spontan juga dapat menambah akselerasi motor. Gas spontan dirancang untuk mempercepat buka tutup trotle sehingga motor semakin responsif. Gunakanlah gas spontan yang berkualitas sehingga lebih awet. Beberapa merek yang bisa jadi pilihan adalah daytona dan KTC.

6. Gunakan noken as racing.

Noken as motor berhubungan dengan durasi putaran mesin pada motor. penggantian noken as dimaksudkan untuk mempercepat putaran mesin motor sehingga akselerasi motor naik. Mengganti noken as mempunyai kekurangan yaitu suara mesin yang akan berubah.

7. Gunakan karburator racing.

Karburator berfungsi mengatur masuknya udara dan bahan bakar ke ruang pembakaran. Penggantian karburator juga dapat menambah akselerasi dan top speed sepeda motor. Salah satu tipe karburator racing yang banyak digunakan untuk ajang drag dan road race adalah PE 28.

8. Gunakan ECU racing.

Penggantian ECU hanya dapat kamu aplikasikan untuk motor dengan tipe injeksi. Fungsi ECU hampir sama seperti CDI , namun ECU terhubung dengan perangkat elektronik injeksi pada motor. ECU memiliki harga yang cukup mahal karena fungsinya yang lebih kompleks.

Cara Membuat Motor Semakin Kencang Tanpa Harus Bore Up Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad syaifudin

1 Response to "Cara Membuat Motor Semakin Kencang Tanpa Harus Bore Up"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.