Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Thursday, 4 June 2015

Penyebab Lampu Sein dan Lampu Utama Motor Cepat Mati atau Putus

Advertisement

Lampu motor merupakan sistem penerangan utama pada motor. komponen yang satu ini tentunya sangat penting bagi kendaraan bermotor kamu. Pada masa sekarang ini, lampu motor banyak jenisnya, mulai dari lampu bohlam, lampu HID yang dikolaborasikan dengan lensa projector sampai lampu LED yang sekarang lagi populer. Nah pada kesempatan kali ini syaifudin-arena akan membahas tentang salah satu penyakit atau masalah yang sering di alami lampu utama dan lampu sein motor, yaitu lampu sering mati atau putus. Kejadian ini sering di alami lampu dengan model bohlam atau lampu halogen. Apa saja yang dapat menyebabkan lampu motor cepat mati atau putus? Dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasanya.

Penyebab Lampu Sein dan Lampu Utama Motor Cepat Mati atau Putus

1. Lampu motor sering mati atau putus diakibatkan kiprok yang tidak sesuai atau rusak.

Kondisi yang satu ini paling sering dialami oleh motor jika lampu cepat mati atau putus. Banyak bengkel yang langsung mengganti bohlam lampu ketika lampu sudah mati atau putus, mereka sering tidak mengecek kondisi kiprok motor terlebih dahulu. Padahal kebiasaan tersebut salah. Fungsi kiprok sendiri adalah membatasi tegangan listrik pada motor agar sesuai. Jadi jika tegangan yang masuk ke lampu tidak sesuai atau terlalu besar, maka lampu dapat cepat putus atau mati. Harga kiprok motor berfariasi, mulai dari 50 ribu samapai 80 ribu. Saran saya, gunakan kiprok sesuai standar pabrikan motor.

2. Lampu motor sein sering mati atau putus diakibatkan flasher yang sudah rusak.

Flasher motor yang sudah rusak juga dapat mengakibatkan lampu sein motor cepat mati atau putus. Flasher berfungsi mutus dan menyambung tegangan listrik pada lampu sein dan lampu kota, sehingga lampu sein dapat berkedip-kedip. Cari atau tanda-tanda flasher motor mengalami kerusakan adalah lampu sein atau lampu kota kiri dan kanan mengalami perbedaan kecerahan atau perbedaan terang lampu dan lampu sein sering putus atau mati. Segeralah cek flasher kamu jika mengalami ciri-ciri seperti diatas. Harga flasher motor berfariasi, mulai dari 30 ribu sampai 50 ribu saja.

Penyebab Lampu Sein dan Lampu Utama Motor Cepat Mati atau Putus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 Response to "Penyebab Lampu Sein dan Lampu Utama Motor Cepat Mati atau Putus"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.