Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Tuesday, 16 June 2015

Cara Mengendarai Motor Vespa

Advertisement

Jika kemarin kita sudah belajar tentang komponen mesin motor vespa, kali ini saya akan mengajari kamu bagaimana cara mengendarai vespa dengan baik dan benar. Sebelum kita mengendarai vespa, ada baiknya kita mengenali dulu sistem perseneling yang ada pada motor vespa.

Cara Mengendarai Motor Vespa

Seperti terlihat pada gambar diatas ini, perseneling vespa terletak pada stang motor sebelah kiri. Vespa dilengkapi dengan empat kecepatan, mulai dari kecepatan 1 sampai 4. Urutan gigi perseneling pada vespa mirip dengan motor dengan kopling pada umumnya yaitu dimulai dari gigi 1(satu), N(netral), 2(dua), 3(tiga) dan 4(empat).

Terlihat digambar, garis hitam menunjuk arah ke gigi N(netral).

Jika sudah mengerti konsep dari perseneling vespa sekarang mari kita praktekan cara mengendarai vespa yang benar.

1. Standarkan dua vespa kamu terlebih dahulu untuk mempermudah menghidupkan motor.

2. Masukkan kunci motor dan putar ke arah on. Pastikan perseneling motor dalam keadaan netral atau menunjuk tanda N. Lalu hidupkan mesin dengan menggunakan kick starter dan gas secara perlahan. Kick starter pada vespa terletak disebelah belakang kanan motor atau tepat disebelah kanan mesin vespa.

Cara Mengendarai Motor Vespa

3. Kemudian kita mulai memasukkan gigi motor ke kecepatan 1. Dengan cara tekan handle vespa dan putar perseneling ke arah bawah atau belakang sehingga menunjuk ke arah gigi 1(satu). Lalu gas perlahan sambil mulai melepaskan kopling sedikit demi sedikit. Jangan terlalu cepat melepas kopling ya, nanti motornya bisa mati.

4. Jika motor sudah mulai berjalan, kamu dapat menambah kecepatan ke gigi 2(dua). Dengan cara tekan kopling vespa dan putar perseneling ke arah depan sampai menunjuk ke arah gigi 2(dua).

5. Untuk menambah kecepatan ke gigi 3(tiga) dan 4(empat) caranya seperti menambah kecepatan pada gigi 2(dua), jadi kamu tinggal tekan kopling dan putar perseneling ke arah depan sampai menunjuk ke arah gigi 3(tiga) atau 4(empat).

Itu tadi cara menambah kecepatan pada motor vespa, dan bagaimana cara mengurangi kecepatan pada motor vespa? Caranyapun hampir sama dengan menambah kecepatan pada vespa, bedanya hanya kebalikannya.

1. Jika ingin mengurangi kecepatan pada vespa, kamu tinggal menekan kopling kemudian putar ke arah gigi yang kamu inginkan lalu lepaskan kopling dengan perlahan. Mudah kan?

Cara Mengendarai Motor Vespa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 Response to "Cara Mengendarai Motor Vespa"

  1. Salam mesin kanan! Bang gimana cara ngendalikan vespa waktu macet? Soalnya aku pengalaman pernah nyeruduk becak waktu pas macet,kasih pencerahan yah bang

    ReplyDelete

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.