Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Tuesday, 9 June 2015

Cara Memasang Lampu Halogen di Motor dengan Baik dan Benar

Advertisement

Jika kemarin syaifudin-arena sudah membahas tentang penyebab  lampu utama motor dan sein cepat mati, kali ini saya akan membahas bagaimana cara memasang lampu utama jenis halogen di motor. lampu halogen mempunyai keunggulan lebih terang dan lebih awet dibandingkan lampu bohlam atau lampu pijar biasa. Bagi kamu yang ingin memasang lampu halogen pada motor kamu, harap simak tips berikut ini. Karena lampu halogen memiliki cara tetentu untuk memasangnya. Berikut tutorial memasang lampu utama jenis halogen yang baik dan benar.

1. Sesuaikan lampu halogen dengan daya lampu motor.
Belilah lampu halogen yang sesuai dengan daya lampu pada motor kamu. Bisa kamu sesuaikan dengan daya lampu pada standar pabrikan motor atau lebih tinggi maksimal 10 watt. Karena jika daya terlalu tinggi, aki motor akan cepat boros dan reflektor cepat panas. Saya sarankan untuk sesuaikan dengan daya lampu motor standar saja. Harga lampu halogen berkisar antara 15 ribu untuk warna kuning dan 30 ribuan untuk warna putih atau biru.

2. Buka baut pada batok atau kepala motor sehingga lampu utama dapat diganti.
Hati-hati ya dalam membuka kepala motor. jangan sampai ada kabel lain yang ikut tertarik.

3. Copot atau keluarkan lampu yang akan diganti.
Copot lampu dari reflektor dan soket lampu dengan cara tekan soket lampu dan putar ke kiri sehingga soket dapat terlepas.

Cara Memasang Lampu Halogen di Motor dengan Baik dan Benar

4. Pasang lampu halogen.
Sebelum memasang lampu ke reflektor ada baiknya kamu perhatikan cara berikut. Jangan sekali-kali menyentuh bohlam atau kaca pada lampu halogen karena dapat menyebabkan lampu halogen cepat putus atau mati. Penyebabnya kotoran yang menempel di kaca lampu halogen dari tangan yang dapat menyebabkan lampu cepat panas karena lampu halogen terdiri dari berbagai macam gas. Sebaiknya pegang bagian bawah lampu ketika hendak memasukkan lampu ke rumah reflektor.
Jika lampu sudah terpasang di reflektor, pasang kembali soket lampu motor dengan cara ditekan lalu putar kearah kanan.

5. Cek lampu.
Jika pemasangan sudah selesai, sekarang giliran cek lampu motor kamu. Cek fungsi lampu jauh dan rendah. Jika sudah berfungsi semua, tahap akhir pasang kembali batok atau kepala motor. dan jangan lupa cek lampu lagi.

Cara Memasang Lampu Halogen di Motor dengan Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad syaifudin

0 Response to "Cara Memasang Lampu Halogen di Motor dengan Baik dan Benar"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.