Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Friday, 29 May 2015

Ukuran Piringan Cakram atau Disk Brake Standar Road Race/Balap

Advertisement

Dalam sebuah ajang balap atau road race, tentunya setiap pembalap memiliki cara tertentu untuk meraih podium. Termasuk setingan untuk motor yang mereka tunggangi. Masih berhubungan dengan road race, kalau kemarin saya membahas ukuran ban standar road race, kali ini saya akan membahas ukuran piringan atau disk brake standar yang dipakai untuk ajang balap atau road race.

Lalu berapa sih ukuran piringan atau disk brake untuk road race atau balap itu?
Jawabanya adalah piringan cakram atau disk brake dengan ukuran atau diameter 260 mm dengan sistem floating.

Ukuran Piringan Cakram atau Disk Brake Standar Road Race/Balap

Banyak merek yang sudah menyediakan piringan dengan ukuran 260 mm, salah satunya yang populer adalah KTC dan racing boy.

Mengapa harus menggunakan sistem floating?
Disk brake floating memiliki ciri-ciri adanya sambungan antara bagian yang terkena kampas rem dan bagian tengah piringan cakram. Dipilih piringan dengan sistem floating bermaksud agar pengereman lebih pakem.

Lalu selain ukuran disk brake, apa saja yang dibutuhkan untuk memaksimalkan sektor pengereman ini?
Biasanya motor untuk road race juga dilakukan penggantian kaliper. Biasanya kaliper standar motor akan diganti dengan kaliper 2 piston supaya motor maksimal ketika mengerem. Dan juga dibutuhkan penggantian master rem racing. Tujuannya sama yaitu memaksimalakan pengereman.

Harga piringan cakram atau disk brake 260 mm floating
Harga yang ditawarkan untuk satu piringan cakram ini berkisar 500 ribu sampai 650 ribu. Biasanya produsen akan memberikan bracket atau pangkon yang sudah sesuai jadi tidak perlu repot-repot buat bracket sendiri.

Tips memilih piringan cakram

1. Pilih disk brake dengan model sisi yang membulat.
Jangan pilih disk brake yang bergerigi, mengapa? Karena disk brake yang bergerigi dapat membahayakan pengguna motor. disk brake bergerigi cenderung mudah untuk bengkok. Kebayang kalau tiba-tiba cakram mengunci akibat salah satu gerigi piringan yang bengkok.

2. Pilih disk brake dengan sistem floating.
Alasanya sama seperti diatas, piringan dengan sistem floating lebih pakem.

3. Sesuaikan dengan budget.
Kalau yang ini patut jadi bahan pertimbangan kali yaa. Jika kamu hanya ingin mengejar tampilan racing look saja, piringan model biasa dengan ukuran 260 mm bisa jadi alternatif. Harga yang ditawarkan mulai dari 150 ribu sampai 250 ribu.

Ukuran Piringan Cakram atau Disk Brake Standar Road Race/Balap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad syaifudin

0 Response to "Ukuran Piringan Cakram atau Disk Brake Standar Road Race/Balap"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.