Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Thursday, 14 May 2015

Pilih Ban Tubless atau Tube Type

Advertisement

Ban sepeda motor merupakan aspek penting dalam berkendara. Ban sepeda motor terbagi menjadi 2 tipe. Tipe yang pertama adalah Tube dan yang kedua adalah Tubeless. kedua tipe ban ini mempunya perbedan dari segi bentuk sampai tingkat ketahanan. Berikut ini akan saya ulas perbedaan keduanya.
Pebedaan ban tubless dan tube type :


Tube type
Ban ini mempunya ketahanan yang lebih baik daripada ban tubless. Ketahanan yang dimaksud adalah dari segi umur ban. Ban tipe tube cenderung lebih awet karena bahan yang digunakan adalah tipe hard compuond. Umur ban tube type sekitar 2 tahun. Tentu saja tergantung pemakaian. Indikator dalam mengganti ban adalah kembangan ban yang semakin hilang atau menipis.
Dari segi fisik, ban dengan tipe tube biasanya mempunyai tinggi lebih besar daripada lebarnya atau bentunya hampir kotak.
Ban tipe tube dapat dipasang pada velg jari-jari ataupun racing. Karena ban tipe tube menggunakan ban dalam.
Untuk segi kenyamanan tentu saja lebih nyaman ban tipe tube. Alasanya ban ini menggunakan ban dalam dan ban tipe tube tidak terlalu keras atau tebal sehingga sistem peredaman akan semakin bagus.
Ban tipe tube cenderung lebih ringan daripada ban tubless. Karena bahan karet ban yang tidak terlalu tebal, jadi tarikan motor lebih enteng.

Tubless
Dari segi bentuk, ban tubless pada bagian tapak lebih terlihat membulat. Karena biasanya tinggi ban tubless lebih kecil daripada lebarnya.
Ban tubless lebih tahan bocor, iya ini salah satu keunggulan ban tubless karena ban tubless sendiri tidak menggunakan ban dalam dan struktur ban lebih tebal atau rapat. Sehingga ketika benda menusuk ban ,udara dalam ban tidak langsung keluar.
Ban tubless lebih berat karena struktur ban yang tebal dan padat.

Keunggulan dan kekurangan ban tube type
1. Ban tube type mempunyai bentuk yang agak kotak sehingga cukup sulit ketika digunakan untuk bermanuver ekstrim seperti cornering .
2. Ban tipe tube lebih tahan lama karena menggunakan kompon keras. Umur ban bisa sampai 2 tahun lebih.
3. Sistem peredam atau suspensi lebih empuk. Karena menggunakan ban dalam.
4. Ban tipe tube dapat dipasang pada jenis velg apapun.
5. Menggunakan ban tube tarikan motor lebih enteng karena beban ban tidak terlalu tinggi.
6. Ban tipe tube harganya cukup terjangkau.

Keunggulan dan kekurangan ban tubless
1. Ban lebih bulat sehingga memudahkan pengendara untuk bermanuver ekstrim. Seperti cornering.
2. Ban tahan bocor karena struktur ban yang padat dan tebal.
3. Ban cepat aus (tergantung penggunaan dan jenis kompon ban), sehingga umur ban cukup pendek.  Sekitar 2 tahun kurang.
4. Ban tubless hanya dapat dipasang pada jenis velg racing atau velg palang. Bisa diaplikasikan pada vleg jari-jari dengan memodifikasinya terlebih dahulu.
5. Ban tubless mempunyai ukuran minimal 80/80 jadi ban tubles pasti berukuran besar sehingga agak berat, tarikan motorpun ikut berat.
6. Suspensi motor jadi agak kaku karena menggunakan velg racing dan struktur ban tubless yang tebal. Hal ini dapat dikurangi dengan penyesuaian shockbreaker.

Pilih Ban Tubless atau Tube Type Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 Response to "Pilih Ban Tubless atau Tube Type"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.