Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Thursday, 28 May 2015

Pengertian Deltabox, Kekurangan dan Kelebihannya

Advertisement

Pernahkah kamu melihat label bertuliskan deltabox pada rangka motor yamaha vixion? Pasti pernah ya. Tapi tahukah kamu arti dari deltabox itu sendiri? Nah kalo belum tahu, kali ini syaifudin-arena akan membahas semua tentang deltabox, mulai dari asal-usul deltabox, pengertiannya, kelebihan sampai kekurangan deltabox. Untuk lebih jelasnya bisa baca pada artikel berikut ini.

Pengertian Deltabox, Kekurangan dan Kelebihannya

Pengertian dari deltabox sendiri merupakan sebuah konstruksi rangka aluminium yang sangat kaku yang membantu mencapai kesetabilian tinggi dalam bermanuver. Sistem deltabox sendiri pertama kali diadopsi tahun 1985-an pada motor yamaha TZR250, sejak itu deltabox mulai di aplikasikan pada motor-motor model supersport pada yamaha. Berevolusi lebih lanjut, rangka deltabox mulai disematkan pada yamaha seri “R”.

Sebenarnya rangka ini merupakan pengembangan dari rangka pipa baja konvensional motor, untuk mendapatkan kekakuan lebih yang dapat mendukung peforma mesin pada motor supersport. Basis teknologi deltabox ini berasal dari mesin motoGP YZR500, yang mempunyai karakter ringan dan kaku, serta memungkinkan untuk dibuat dari bahan alminium sehingga dapat mengurangi berat motor sekitar 40% dibandingkan rangka pipa baja konvensional.

Struktur dan fungsi
Rangka mengadopsi bentuk kotak sehingga membutuhkan area yang cukup besar, namun bobot lebih ringan dan lebih kaku. Pada struktur desain, kepala atau bagian kemudi motor dan poros (pertemuan antara swing arm dan rangka) terhubung dalam garis lurus. Ini membuat konstruksi rangka hampir menyerupai bentuk segitiga (delta). Efeknya :

1. Penurunan berat motor dan dapat mencapai handling yang sempurna.
2. Ringan, kaku dan motor dapat mencapai kinerja tinggi dalam fungsi dasar berlari, berbelok dan berhenti.
3. Stabilitas pengemudi yang luar biasa.

Pengertian Deltabox, Kekurangan dan Kelebihannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad syaifudin

2 Responses to "Pengertian Deltabox, Kekurangan dan Kelebihannya"

  1. Pak, jika boleh saya ingin berkonsultasi, jika motor dengan tenaga yang besar (600cc), berat >200 kg dalam kondisi standar menggunakan rangka Deltabox, suatu saat ingin dimodifikasi dengan menggunakan rangka custom, menurut Bapak apakah mungkin masih akan mendapatkan kestablina, kenyaman dan keamanan pada saat berkendara?Thanx. David

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya pribadi, kestabilan, kenyamanan dan keamanan sebuah rangka custom didapat dari bahan rangka berkualitas dan kelihaian modifikator dalam merancang rangka custom tersebut.
      jika modifikator berkompeten dalam merancang rangka pastinya kestabilan, kenyamanan dan keamanan bakal didapat.

      Delete

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.