Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Friday, 29 May 2015

Mengenal Komponen Mesin Vespa Lama

Advertisement

Kali ini syaifudin-arena kedatangan tamu motor lama yang melegenda nih. Dengan bodi besi khas skutik, mesin 2 stroke dan blok mesin ber-cc 150. Yap Vespa jawabannya. kalau kemarin saya sudah mengulas tentang tips membeli vespa second, kali ini sebagai pengetahuan saja buat kamu, saya akan membahas tentang komponen mesin pada vespa.
Kenapa harus membahas komponen mesin pada vespa? Karena vespa mempunyai perbedaan yang mendasar pada sektor mesinnya dibandingkan motor bebek atau motor batangan yang banyak beredar di Indonesia, dan pastinya banyak orang yang belum tahu struktur dari mesin vespa itu sendiri. Nah pengen tahu apa saja perbedaan mesin vespa dan mesin konvensional lainnya? Simak ulasan berikut ini.

Karburator vespa

1. Karburator vespa

Karburator vespa mempunyai bentuk yang berbeda dengan karburator mesin pada umumnya. Seperti terlihat di foto, bentuk karburator vespa kotak besar. Dan jika kita lihat didalamnya, akan terlihat mirip seperti karburator pada umumnya. Terlihat juga kabel gas yang terhubung pada karburator untuk buka tutup trotle.

Cop busi vespa

Baca Juga : Cara Mengendarai Motor Vespa

2. Cop busi vespa

Mungkin karena sang pemilik motor belum beli cop busi kali ya jadi kabel dari koil hanya di sambungi kayak gitu aja..hehe intinya pada bagian busi sama halnya pada mesin motor pada umumnya. Busi langsung tersambung dengan blok mesin sebagai jalur pengapian.

Koil vespa

3. Koil vespa

Pada bagian ini juga tidak istimewa. Layaknya motor pada umumnya vespa juga butuh koil. Penempatan koil sendiri ada pada bagian belakang samping mesin dan berdiri vertikal.

Blok mesin vespa

4. Blok mesin vespa

Motor lawas tapi ber-cc baru. Mungkin itu yang bisa saya katakan jika melihat isi blok mesin vespa. Karena pada jamannya motor ber-cc 150 cukup jarang.

Kopling vespa

5. Kopling vespa

Kopling pada vespa terdapat dibagian belakang bawah motor. kabel kopling dan kabel perseneling juga sejajar dalam penempatannya. Karena perpindahan gigi pada vespa sendiri dilakukan dengan memutar stang vespa bukan dengan menginjak perseneling pada umumnya.

Mengenal Komponen Mesin Vespa Lama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad syaifudin

2 Responses to "Mengenal Komponen Mesin Vespa Lama"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.