Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Friday, 22 May 2015

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Piringan Cakram Besar

Advertisement

Disk brake atau sering disebut piringan cakram merupakan salah satu piranti pengereman pada kendaraan bermotor. Rem cakram dianggap lebih pakem dan aman ketika melakukan pengereman. Hal ini disebabkan karena daya cengkram kampas rem cakram lebih baik daripada kampas tromol. Ukuran cakram motor juga bervariasi. Mulai dari ukuran standar pabrikan motor berdiameter 20 cm sampai cakram variasi besar yang berdiameter 32 cm.
Penggantian ukaran cakram pun tidak boleh asal ya, harus disesuiakan dengan kebutuhan pengendara juga. Penggunaan piringan cakram juga memiliki keunggulan dan kelemahan tertentu. Untuk selengkapnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Piringan Cakram Besar
Kelebihan

1. Rem lebih pakem
Dengan menggunakan cakram berukuran besar, rem motor kamu akan semakin pakem. Bagaimana penjelasannya?. Ketika kampas bergesekan dengan cakram, cakram dan kampas rem hanya butuh sekitar satu kali putaran untuk menghentikan roda motor. berbeda dengan cakram berukuran kecil, cakram butuh dua sampai tiga kali putaran sampai roda motor sampai terhenti.

2. Kampas rem cakram tidak cepat habis.
Penjelasannya hampir sama dengan yang pertama. Karena hanya butuh sedikit putaran untuk menghentikan laju roda motor maka kampas juga akan semakin awet.

3. Cakram diameter besar lebih awet daripada cakram berdiameter kecil.
Keawetan sebuah cakram biasanya dipengaruhi dari tebal sebuah piringan cakram. Rata-rata disk brake dengan ukuran besar mempunyai tebal lebih besar daripada cakram standar pabrik. Jadi umur cakram bisa semakin panjang.

Kekurangan

1. Roda depan terasa berat atau peret jika tidak dibarengi dengan penggantian kaliper yang sesuai.
Kalau yang satu ini bisa jadi salah satu resiko jika menggunakan cakram berdiameter besar. Roda yang seret biasanya disebabkan oleh piringan cakram motor yang tebal brake tidak sesuai ukuran standarnya dan kampas rem yang masih tebal. Masalah ini dapat diatasi dengan penggantian kaliper yang sesuai dan penyetelan ulang rem cakram.

2. Jika bracket atau pangkon tidak presisi, pengereman pun tidak sempurna.
Hal yang paling riskan ketika mengganti disk brake diamater besar adalah penggunaan pangkon. Banyak produsen disk brake yang sudah menyediakan bracket khusus untuk disk brake mereka. Hal ini dimaksudkan agar pengguna tidak perlu lagi membuat bracket sendiri. Sehingga kemungkinan bracket tidak presisi dapat teratasi.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Piringan Cakram Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad syaifudin

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Piringan Cakram Besar"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.