Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Friday, 29 May 2015

Ciri-ciri Shock Depan Motor Bocor atau Mati

Advertisement

Shock depan motor merupakan salah satu sistem peredam untuk motor pada bagian depan. Sistem peredam pada sisi ini sangat riskan. Pasalanya jika shock depan berhenti berfungsi seperti biasanya, berakibat pada kenyamanan bahkan keselamatan para penggunanya. Maka sangat disarankan untuk mengetahui sejak dini hal apa saja yang dapat menyebabkan shock depan motor tidak berfungsi serta ciri-ciri apa saja yang timbul jika shock depan motor bocor atau rusak. Berikut ini saya ulas apa saja

Ciri-ciri shock depan motor yang sudah bocor dan cara mengatasinya :

Ciri-ciri Shock Depan Motor Bocor atau Mati

1. Oli shock mengalir dari tabung dan as shock depan.

Salah satu ciri shock depan bocor adalah adanya oli yang keluar dari sela-sela seal shock depan. Hal ini desebabkan karena adanya sedikit celah antara as shock dan tabung shock yang biasanya disebabkan as shock yang tergores atau bengkok sehingga oli shock dapat keluar dari tabung shock.

2. As shock depan tergores.

Penyebab as shock tergores bermacam-macam, mulai dari umur as shock yang sudah tua, shock depan sering mengangkat beban berlebih atau overload, as shock bengkok akibat kecelakaan atau terjatuh dan kotoran atau tanah yang masuk ke tabung shock sehingga menggores as shock. Segeralah mengganti as shock ketika sudah tergores karena as shock dapat terkikis lebih dalam bahkan kalau sudah parah, as shock dapat patah. Bahaya banget kan?

3. Rem depan terasa blong.

Penyebab rem blong ketika shock depan mati atau bocor adalah adanya oli shock yang mengalir ke cakram dan kampas rem motor. sehingga rem tidak buerfungsi sempurna. Atau bisa jadi karena tidak adanya gaya pegas ketika mengerem akibat shock yang bocor.

4. Motor terasa susah atau berat ketika berbelok.

Hampir sama seperti penjelasan diatas, motor terasa susah berbelok juga diakibatkan tidak adanya gaya pegas pada shock depan motor karena bocor atau shock mati.

5. Shock depan berbunyi ketika di rem.

Shock depan yang bocor juga memiliki ciri shock berbunyi ketika di rem. Pantulan shock juga akan terasa kaku jika shock depan sudah bocor.

Harga as shock motor bermacam macam mulai dari 90 ribu sampai 110 ribu. Tergantung besar dan panjang as shock pada motor.

Tips merawat shock depan motor :

- Jangan paksakan motor dengan beban berlebih pada bagian depan.
- Selalu bersihkan as shock motor ketika kotor.
- Hindari jalan berlubang sehingga shock tidak bengkok atau bekerja berlebihan.

Ciri-ciri Shock Depan Motor Bocor atau Mati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad syaifudin

0 Response to "Ciri-ciri Shock Depan Motor Bocor atau Mati"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.