Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Tuesday, 28 April 2015

Perbedaan Knalpot Tsukigi Embos dan Non Embos

Advertisement

Tsukigi merupakan merek knalpot asli dari Jepang. Namun seiring perjalanan, tsukigi memiliki cabang pabrik di USA dan Thailand. Knalpot ini identik dengan bentuknya yang minimalis dan menyerupai knalpot asli bawaan motor. knalpot tsukigi rupanya sedang naik daun akhir-akhir ini. Di pasaran cukup mudah kita mendapatkan knalpot ini sehingga banyak yang meragukan tentang ke aslian knalpot. Sedikit saya luruskan tentang maksud tsukigi embos dan non embos, ini bukan tentang knalpot tsukigi asli maupun tidak asli. Semua knalpot yang masuk indonesia dengan merek tsukigi merupakan asli, lalu apa maksud embos dan non embos? Ini hanya nama seri dari knalpot tsukigi saja. Contohnya seperti R9 valencia dan R9 New mugello. Nah kalau knalpot tsukigi, ada seri tsukigi embos dan non embos.

Perbedaan Knalpot Tsukigi Embos dan Non Embos

Sedikit sejarah, Knalpot tsukigi seri non embos lah yang pertama kali masuk di indonesia. knalpot tsukigi non embos di desain untuk motor standar racing, suara tsukigi non embospun ngebass seperti knalpot racing pada umumnya. Kemudian kurang lebih 1-2 tahun kemudian knalpot  tsukigi seri embos masuk ke indonesia dengan karakter suara lebih pelan karena diperuntukkan untuk motor harian.

Baca Juga : Berbagai merek knalpot yang memiliki bentuk seperti knalpot tsukigi

Perbedaan tsukigi EMBOS dan tsukigi NON EMBOS :

Tsukigi  EMBOS :

1. Las cacing pada leher berjumlah 8 atau bisa lebih, leher knalpot berbentuk S seperti leher knalpot bawaan pabrik.
2. Bentuk silincer 100% mirip ori bawaan motor
3. Mempunyai ciri khas suara cring-cring.
4. Baut 3pcs bentuk + di ujung silincer untuk penambahan dan penggantian glasswool.

Tsukigi NON EMBOS :

1. Las cacing pada leher berjumlah 5, leher knalpot lurus seperti knalpot racing pada umumnya.
2. Bentuk silincer lebih kecil kurang lebih 1-2mm dari silincer knalpot ori/embos
3. Suara Ngebass adem.
4. Baut L 3pcs di ujung silincer untuk penambahan dan penggantian glasswool.

Dari segi performa seri embos dan non embos hampir sama. Jika kamu ingin knalpot dengan suara ngebass mirip knalpot racing tsukigi non embos bisa jadi pilhan. Jika ingin suara yang agak adem bisa pakai tsukigi embos. Tentunya di sesuaikan saja dengan konsep modifikasi motormu dan budget.

harga tsukigi embos dan non embos hampir sama. di pasar knalpot ini dibandrol dengan harga 350 ribu sampai 400 ribu.

Intinya embos dan non embos bukan tentang asli atau KW. Melainkan hanya seri knalpot yang di keluarkan tsukigi thailand. Tentu saja kamu tetap harus berhati-hati dalam memilih knalpot tsukigi karena sekarang banyak knalpot tsukigi yang buatan lokal.

Bahan
knalpot tsukigi dibuat dengan 2 bahan. pada bagian silincer menggunakan bahan besi seperti pada knalpot original pabrikan motor. dan pada leher knalpot tsukigi menggunakan bahan stanless yang annti karat.

Ciri–ciri knalpot tsukigi asli :
1. Label TSUKIGI pada silincer knalpot terlihat jelas.
2. Las cacing pada leher rapi dan presisi.
3. Suara tsukigi asli tidak pecah.

Perbedaan Knalpot Tsukigi Embos dan Non Embos Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

90 Responses to "Perbedaan Knalpot Tsukigi Embos dan Non Embos"

  1. kalau saya punya tsukigi non embos ganti pipanya sama embos suara rubah ga??
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pipa tidak banyak merubah suara gan.. yg terpenting silincernya.

      Delete
  2. kalo gua pengen beli knalpot tsukigi supra x125 embos yang harganya agak miring dimana yah gann.

    ReplyDelete
    Replies
    1. knalpot tsukigi buat supra x125 mungkin masih agak langka gan. coba cari di grub fb kedai accesories motodify kali aja ada yang jual. :)

      Delete
  3. kalau pipa tsukigi di satria f tapi pake silincer orisinil, suaranya tetap atau beda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Leher tsukigi lebih besar dari leher ori satria f, maka suaranya sedikit berubah agak lebih besar.

      Delete
  4. Wah berarti knalpot tsukigi saya palsu dong gan??
    Gx ada label tsukigi nya do silencer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu standart racing noname gan, produksinya di purbalingga kualitas ga kalah sama tsukigi thailand kok

      Delete
  5. Gan kalo motor standar Pake yg embos apa non embos?

    ReplyDelete
  6. tapi denger denger ada yg khusus standart -54 ada yg 54- 58

    ReplyDelete
  7. Brp desibel tingkat maksimal suara tsukigi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah di uji gan tapi sepertinya cukup bising di RPM atas.

      Delete
  8. Gan kalau buat 130 cc mio enaknya pake embos atau non embos ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai seri non embos aja gan. biar powernya maksimal

      Delete
  9. Om kalo mio j standar enak nya pake embos apa non embos?

    ReplyDelete
  10. Gan Toko yang menjual knalapot tsukigi asli dimana, gan daerah depok Dan Jakarta Timur, mohon rekomendasinya ,gan? Tks

    ReplyDelete
  11. Kalau buat beat fi standar enak pake non embos atau embos tapi pengen yang adem

    ReplyDelete
  12. gaan maap nih di tasik ada yg jual tsukgigi harganya sangat murah gan, 130dan180 itu asli apa kw gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek fisik knalpotnya gan. apa ada label tsukiginya. bisa jadi itu kw atau knalpot merek lain.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Asli gan saya pake di spark nano saya

      Delete
  13. gan, kalau buat honda scoopy esp enaknya pakek yg embos apa non embos, tapi pinginnya biar suaranya ngebas buat harian

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap gan klo buat berpergian ke luar kota takut nya ada polisi atw di rajia pilih yg mna ya ??

      Delete
  14. gan kalau buat 130 cc beat karbu enaknya pakai yg mana?

    ReplyDelete
  15. Kalo beat fi udah naik kompresi aja pake seher vario 110. Cocok nya pake seri apa brro?

    ReplyDelete
  16. bos kaloo pipa di dalamnya di ganti sama pipa yg tanpa lubang itu nanti suaranya gimana???

    ReplyDelete
  17. bos kaloo pipa di dalamnya di ganti sama pipa yg tanpa lubang itu nanti suaranya gimana???

    ReplyDelete
  18. kalo Vario 125 standar pake seri embos berpengaruh ke mesin gak gan takut malah rusak ke mesin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ngerusak mesin kok gan. justru power makin naik.

      Delete
  19. Kang saya beli tsukigi lasannya 8 trus suara kalo pelan susu beberebedan tu knpa ya kang? Terimakasih

    ReplyDelete
  20. Yg jual tsukigi/RRGS ori d bandung timur dimana ya gan.?

    ReplyDelete
  21. Yg jual tsukigi/RRGS ori d bandung timur dimana ya gan.?

    ReplyDelete
  22. harga tsugkigi berapa gan ,,,,,?????

    ReplyDelete
  23. daerah depok dan sekitarnya di mana yg jual ya gan?

    ReplyDelete
  24. suara tsukigi embos & non embos yg ngk bising apa gann?
    (yg sperti standartnya mio)

    ReplyDelete
  25. Gan numpang tanya nih klo bli leherannya bisa engga ?
    Soalnya tempat per bawah knlpot tsukigi ada gua mendep ke dalam

    ReplyDelete
  26. Kalo buat mio spek 200 gimana ya

    ReplyDelete
  27. Gan mau tanya nh klw ketrikkan yg di silincer tulisannya Tsukigi Dexter atau RRGS Power King yg asli impor yg mna ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan bisa ngak knalpot tsukigi untk perjalanan jauh??

      Delete
  28. Kalo dipake ke Xeon karbu standard enaan pakek yang non embos atau yang embos gan ?/

    ReplyDelete
  29. Gan kalau pakai knalpot tsukigi untuk perjalanan jauh bsa ngak??? Mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya gak bisa gan. Suara tsukigi agak keras. Jika ingin dipake perjalanan jauh bisa di akali dengan memasang db killer di moncongnya.

      Delete
  30. kalau beat fi orisinil pake yg embos atau yg non embos gan? sama ngaruh ketenaga ga?

    ReplyDelete
  31. Gan mau tanya saya pake knalpot tsukigi, klo ada polisi tidur jadi suka kegesek ke aspal knalpotnya, biar gak kegesek harus gmna ya?

    ReplyDelete
  32. gan tsukigi vario 110 fi dan beat fi apakah sama ?

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. gan tsukigi vario 110 fi dan beat fi apakah sama ?

    ReplyDelete
  35. Tutorial ganti glasswol di knalpot tsukigi blm da...gua udh coba yg non embos sekalian mau di bersihin tp leher yg bolong bolong itu menempel di dlm....plisss buat tutoril nya

    ReplyDelete
  36. Kalo saya lihat d silencer dekat gantungan baut cuma merek vnd bukan tsukigi

    ReplyDelete
  37. Beat fi gwe standar pgen gwe kasih tsukigi enaknya yg non embos apa embos
    Balasnya gans
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  38. Misi gan, tsukigi buat honda beat standar pakenya yg embos atau non embos? Terus kalo ada chanel yang jual tsukigi asli thailand tolong minta linknya atau kontaknya gan .

    ReplyDelete
  39. Misi gan, tsukigi buat honda beat standar pakenya yg embos atau non embos? Terus kalo ada chanel yang jual tsukigi asli thailand tolong minta linknya atau kontaknya gan .

    ReplyDelete
  40. Misi agan agan mau nanya,ada yg bilang tsukigi punya 3 nama yaitu Tsukigi embos/non embos , RRGS sama Ai-Tech nah kalo memang bener punya 3 nama ada yg bisa jelasin knp buat 3 nama trs perbedaanya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau ane nama tsukigi sekarang berubah nama jadi rrgs om, klo tsukigi ai-tech itu buatan indo.

      Delete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. misi gan mau tanya kalo mio soul cocok gak pake tsukigi VND ?

    ReplyDelete
  43. Gan, kalo soul gt125 di pasang embos, suaranya mendem ga?

    ReplyDelete
  44. Gan perpacknya beat Karbo dan f1 sama ga?

    ReplyDelete
  45. Gan,,,,yang membedakan suaranya apanya yah??

    ReplyDelete
  46. Gan kalau untuk vario 150 standar enak pake yang embos atau non embos..?

    ReplyDelete
  47. Yang emberrrr mana ya? Embos atau non? Tolong si jawab!!

    ReplyDelete
  48. Jadi lebih bagus embos apa non embos?

    ReplyDelete
  49. gan knalpot tsukigi bisa dibuat emberr apa tidak ?

    ReplyDelete
  50. Daerah samarinda d mna yg jual bro

    ReplyDelete
  51. Terimakasih, sangat membantu gan!

    ReplyDelete
  52. Kalo buat motor mio z bagusnya pake embos apa non embos gan.
    Mohon saran

    ReplyDelete
  53. Gan saya pake tsukigi non embos tapi lehernya lewat kolong kalau saya ganti lehernya suaranya bakal beda gak???

    ReplyDelete
  54. Mas klo merk vnd itu dri tsukiki pa buatan loka trs klo pke knlpot ini musti diseting ulng ngk buat aginya di carbu tq infonya

    ReplyDelete
  55. Kalo buat beat babylook embos/non bagusnya

    ReplyDelete
  56. Gan kalo di di bagian slincernya ngelotok kw gk si

    ReplyDelete
  57. Kalo buat vario 110 karbu enaknya pake embos atau non embos gan

    ReplyDelete
  58. Kalo buat vario 110 karbu enaknya pake embos atau non embos gan

    ReplyDelete
  59. Sy mke tsugigi ai tech suaranya ngebass banget, gmn ya cara ngecilin suaranya biar adem ??

    ReplyDelete
  60. knalpot Saya Kan Kecil Lobangnya, Kalo Di Ganti Yang Besar,berubah gak suaranya? Punya Ane Tsukigi VND embos

    ReplyDelete
  61. Gan untuk vario 125 standar enaknya pake yg embos / non embos dipake buat harian gan

    ReplyDelete
  62. Gan untuk vario 125 standar enaknya pake yg embos / non embos dipake buat harian gan

    ReplyDelete
  63. Lebih enak Mana Yg Embos apa yg Non Embos Buat Motor stdr Harian??
    TrimakaTeri

    ReplyDelete
  64. gan kalau tsugigi biar ngebas harus ngrubah apa, toloƱg coret2 trimakasih

    ReplyDelete

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.