Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Tuesday, 21 April 2015

Ciri Ciri Komstir Motor yang Rusak

Advertisement

Komstir merupakan komponen motor yang berfungsi sebagai penyeimbang atau penstabil stang motor dan meminimalisir getaran ketika motor beroperasi. Fungsi komstir hampir sama dengan laker/laher pada velg motor. Salah satu komponen yang sangat penting ini juga perlu perawatan extra dari sang pemilik. Jika tidak, bahaya yang dapat di timbulkan jika komstir rusak antara lain : kurang seimbang atau stabilnya motor ketika berbelok,komstir yang rusak cenderung membuat stang motor susah untuk dikendalikan,sangat berbahaya ketika digunakan bermanuver. lalu getaran akan semakin terasa sampai ke tangan sehingga dapat  menyebabkan pengguna cepat lelah dan merasa pegal. Bagi kamu yang belum tahu ciri-ciri komstir yang mengalami kerusakan. Berikut saya bahas apa saja ciri-ciri komstir yang rusak atau sudah oblak :

Ciri Ciri Komstir Motor yang Rusak


  • Stang motor terasa kaku. Komstir yang sudah rusak menyebabkan leher stang terasa kurang stabil. Stang motor bisa bergerak tanpa arah jadi stang terasa kaku ketika digunakan.
  • Getaran ban semakin terasa di tangan. Semakin terasanya gataran ban di motor akibat stang yang seharusnya statis menjadi tidak stabil. Sehingga getaran semakin terasa.
  • Stang motor oblak atau terasa mau copot. Salah satu efek jika komstir rusak adalah stang motor yang terasa mau copot, sebenarnya ini efek komstir yang tidak mampu lagi menstabilkan stang motor. Biasanya stang motor akan bisa di gerakkan ke depan dan ke belakang.
  • Rem kurang pakem. Akibat dari komstir rusak rem jadi kurang pakem. Penjelasannya,Ketika di lakukan pengereman akan ada sedikit jeda sebelum roda berhenti.


komstir atau bearing cepat aus disebabkan kontur jalan yang biasa kita lewati bergelombang. apalagi jika sering melewati jalan bergelombang dengan kecepatang tinggi. pasti komstir akan cepat aus dan tidak rata.

Segeralah mengganti komstir kamu jika memiliki ciri-ciri di atas. Harga komstir sekitar 150ribu perpasang tergantung merek dan kualitas, belum termasuk biaya pasang sekitar 30an ribu. penting bagi kamu untuk menjaga komponen yang satu ini karena berhubungan langsung dengan  keselamatan penggunanya. Banyak komstir yang di pasarkan di indonesia, mulai dari kualitas biasa sampai kualitas terbaik untuk drag atau balap motor. Pilih komstir yang berkualitas sehingga komstir lebih awet ketika di gunakan.

Sekian penjelasan dari saya. Semoga bermanfaat bagi kamu.

Ciri Ciri Komstir Motor yang Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 Response to "Ciri Ciri Komstir Motor yang Rusak"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.