Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Wednesday, 1 April 2015

Ciri-ciri Cakram atau Piringan Motor yang Sudah Harus Diganti

Advertisement

cakram aus harus di ganti

Cakram merupakan elamen penting dalam sebuah sepeda motor. fungsinya sebagai media pengereman. cakram dinilai lebih baik dalam hal pengereman dibandingkan tromol. cakram motor merupakan media yang bergesekan langsung dengan kampas rem ketika di lakukan pengereman. maka tak heran jika lama kelamaan cakram dan kampas akan menjadi aus akan tetapi kampas rem lah yang memiliki tingkat keausan yang lebih besar. bahan cakram sendiri bermacam macam antara lain terbuat dari besi dan alumunium. lama keausan sebuah cakram tergantung dari tebal dan bahan cakram itu sendiri. taukah kamu ciri-ciri cakram motor yang wajib di ganti? berikut ulasanya :

Pinggiran atau sisi carkam bergelombang
sisi cakram yang bergelombang dapat disebabkan beberapa hal salah satunya kebiasaan pengguna motor itu sendiri yang suka mengerem dengan cara ditekan dan dilepaskan berulang ulang atau tidak statis. sehingga cakram atau kampas berkurang tetapi tidak rata. bisa juga di sebabkan karena kampas rem yang kurang pas ketika menghimpit cakram.

Sisi cakram menipis
sisi cakram semakin menipis disebabkan karena penggunaan pengereman itu sendiri, umur cakram yang sudah tua jadi memang saatnya di ganti. saran saya jangan paksakan kampas rem yang sudah aus untuk mengerem karena permukaan kampas rem yang sudah aus dapat menggores cakram sehingga cakram semakin menipis.

Lubang baut cakram semakin melebar.
Ini juga biasanya disebabkan umur cakaram yang sudah lama dalam penggunaannya. Gejala ini ditandai dengan kurang pakemnya rem ketika dilakukan pengereman atau adanya gerakan atau bunyi seperti terpentok sesuatu ketika mengerem..

Cakram tidak rata atau bengkok
hal ini biasanya disebabkan kurang pas atau kurang sejajarnya antara kaliper dan cakram. bisa juga karena motor terjatuh sehingga cakram bengkok. Ciri-cirinya cakram akan otomatis mengerem pada sisi cakram tertentu dan motor terasa berat ketika berjalan karena cakram mengerem secara otomatis.

Segeralah ganti cakram kamu ketika cakram sudah mulai bermasalah atau memiliki ciri-ciri di atas. Karena sistem pengereman merupakan hal terpenting ketika berkendara.
Semoga tips diatas bermanfaat. Terima kasih.

Ciri-ciri Cakram atau Piringan Motor yang Sudah Harus Diganti Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 Response to "Ciri-ciri Cakram atau Piringan Motor yang Sudah Harus Diganti"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.