Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Thursday, 26 March 2015

Pengertian dan Fungsi Slider Motor

Advertisement

Aksesoris motor memang tidak ada matinya. mulai dari aksesoris untuk mempercantik motor hingga aksesoris yang fungsional dan dapat melindungi komponen motor. salah satu aksesoris fungsional ini yaitu slider. buat yang cinta motor gak mau kan bodi mulus motornya tergores karena jatuh? sudah dengar tentang anti crash atau slider? apa itu slider motor? berikut saya kupas tuntas semua tentang slider motor dan pentingnya menggunakan slider motor.

Pengertian dan Fungsi Slider Motor

Slider motor adalah aksesoris motor yang berfungsi melindungi bodi motor ketika jatuh agar bodi motor tidak langsung bergesekan dengan aspal. slider biasanya di tempatkan pada bagian motor tertentu yang mempunyai kemungkinan rusak karena jatuh lebih besar. jadi gak asal pasang lho. bagian motor yang biasa dipasang slider diantaranya : as roda motor,bodi tengah motor dan knalpot motor.bagian ini memang paling rawan bergesekan dengan aspal ketika jatuh.


Pengertian dan Fungsi Slider Motor

Jenis –jenis slider :

Knalpot slider
Slider knalpot bertujuan untuk melindungi knalpot ketika jatuh, sehingga knalpot tidak tergores atau penyok. Slider knalpot berbentuk pendek kerucut dengan ujung nilon.
Frame slider
Slider ini berfungsi melindungi bodi motor. bentuk frame slider biasanya mengikuti bentuk bodi motor dan bisa didesain hampir mirip dengan turbular.
As slider
Slider yang satu ini berfungsi melindungi as roda motor . prinsipnya ketika motor terjatuh, baut as motor tidak rusak dan mengunci.

Bahan slider biasanya terbuat dari besi baja atau almunium dengan ujung berbahan nilon. Ujung slider dipilih berbahan nilon karena nilon cukup kuat dan padat untuk menopang berat motor  dan ketika nilon bergesekan dengan aspal akan terasa akan licin.

Pemasangan sliderpun cukup mudah. biasanya slider sudah menggunakan sistem plug and play alias tinggal pasang gak perlu rubah apapun. Slider tinggal di kaitkan dengan baut ke rangka motor.
soal harga, slider di bandrol dengan harga yang sesuai fungsinya. mulai 1 jutaan sampai ratusan ribu. kebayang kan berapa kerugian yang kita tanggung jika motor jatuh? apalagi jatuh dengan keras. pasti biaya perbaikan bisa lebih mahal dari harga slider itu sendiri

Sumber gambar : Balu Oto Work.

Pengertian dan Fungsi Slider Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad syaifudin

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Slider Motor"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.