Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Sunday, 29 March 2015

Perbedaan Radiator dan Oil Cooler

Advertisement

Part motor memang banyak jenisnya. tiap komponen memiliki fungsi masing-masing dan biasanya saling terkait. salah satunya radiator dan oil cooler yang berhubungan dengan mesin. dan keduanya memiliki fungsi yang hampir sama yaitu sebagai pendingin mesin. tahukah anda apa saja perbedaan lain dari kedua komponen motor ini? berikut ulasannya :



Dari segi fungsi kedua memiliki fungsi yang hampir sama yaitu mendinginkan tapi mempunyai perbedaan bentuk dan bagian yang didinginkan. Seperti namanya,oil cooler berfungsi mendinginkan oli. Oli didinginkan dengan cara membuat jalur oli sehingga oli ter pompa ke oil cooler ketika melewati oil cooler oli akan mengalami pendinginan. Sedangkan Radiator berfungsi mendinginkan Dinding piston atau blok mesin yang memang panas karena proses pembakaran. Sistem pendinginan radiator menggunakan air radiator yang di pompa ke blok motor dan mengalir lagi ke radiator dan mengalami pendinginan proses dilakukan secara terus menerus.



Dari segi bentuk,oil cooler lebih kecil dari radiator. Oil cooler hanya memiliki plat/saringan pendingin dan selang oli yang terhubung ke mesin. Sedangkan bentuk radiator agak besar,radiator juga memiliki tempat untuk menyimpan air radiator yang terletak di sampingnya sedangkan oil cooler tidak.

Cara memasang oil cooler
Pemasangan oil cooler cukup mudah. tinggal kaitkan selang oil cooler dengan baut blok motor yang di aliri oli motor. sehingga oli yang naik ke cylinder head berbelok memalui oil cooler dan mengalami proses pendinginan. Jangan sampai pemasangan oil cooler mengganggu sirkulasi oli yang semestinya ya.

Cara memasang radiator
Pemasangan radiator mungkin sedikit sulit. Karena motor yang menggunakan sistem pendingin radiator bagian head motor harus menggunakan head yang sudah mengadopsi sitem radiator. Salah satunya menggunakan head jupiter mx atau vixion. Secara konsep sama seperti oil cooler, air radiator di pompa dari head kembali ke radiator untuk proses pendinginan tetapi untuk radiator di tambahkan tempat khusus untuk penguapan air radiator.

Harga oil cooler
Harga oil cooler bervariasi mulai dari 400 ribu untuk oil cooler original satria FU sampai 500 ribu untuk oil cooler merek koso.
Harga air radiator

Mulai dari 15 ribu sampai 20ribu untuk coolant asli pabrikan motor.

Perbedaan Radiator dan Oil Cooler Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Muhammad syaifudin

0 Response to "Perbedaan Radiator dan Oil Cooler"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.