Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Wednesday, 25 March 2015

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Velg Jari-jari

Advertisement

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Velg Jari-jari


Demi kenyamanan pengendara sepeda motor, si pemilik motor rela mengubah tampilan sang motor sampai merubah part tertentu demi mendapatkan kenyamanan motor yang di inginkan. salah satunya adalah mengubah kaki-kaki sebuah sepeda motor mulai dari shockbreaker, velg, ban , arm dan lain-lain. menggunakn velg jari-jari adalah salah satunya. bagi kamu yang masih bingung memilih velg jari-jari motor dan apa saja kelebihan dan kekurangannya, berikut saya ulas apa saja keungulan dan kekurangan menggunakan velg jari-jari sebagai acuan :

Keuntungan :

Banyaknya pilihan merek dan bentuk velg yang tersedia dipasaran.
Banyak velg yang tersedia di pasaran akhir-akhir ini, bahkan jenisnya ratusan. Kebanyakan velg jari yang beredar di pasaran masih import dari negara gajah putih thailand.

Terjangkaunya harga velg jari-jari.
Harga velg jari memang lebih murah daripada velg racing. Karena bahan yang digunakan untuk membuat velg jari lebih sedikit daripada velg racing.

Kaki-kaki motor jadi lebih ringan.
Keuntungan yang satu ini sering digunakan untuk motor balap ataupun drag. Banyak pembalap yang menggunakan velg jari di karenakan lebih ringan pada bagian kaki-kaki Sehingga akselerasi motor naik.

Motor terasa lebih empuk redamannya.
Redaman motor semakin baik disebabkan penggunaan ruji pada velg jari yang dapat mengurangi redaman. Lain halnya dengan velg racing yang terasa kaku.

Mudah dalam perbaikan ketika terjadi kerusakan. 
Velg jari jari juga cukup dalah perbaikannya ketika velg speleng/kurang center. Cukup bawa ke tukang press velg jadi normal kembali.

kekurangan :

Susah ketika dibersihkan.
Pengguna velg jari jari memang harus sabar dan telaten ketika membersihkan velgnya. Sebab velg mempunyai banyak celah yang dapat membuat kotoran mudah masuk.

Velg jari-jari cepat speleng jika menggunakan velg kualitas buruk.
Kalau hal ini sering terjadi pada velg dengan kualitas abal-abal. Velg sering conglay/ speleng ketika terbentur jalan yang rusak.

Velg jari-jari sering berubah setelan, sehingga velg kurang center (tergantung pemakai).
Hal yang paling sering saya alami ketika menggunakan jari-jari yaitu velg yang suka tidak center karena setelan jari-jari kendor atau berubah.  Tipsnya sering-sering periksa kondisi velg aja dan ketika velg tidak center segera bawa ke tukang setel ruji.

Tingkat presisi velg jari-jari tergantung tukang setel velg.
Kalau yang satu ini tergantung sama tukang setel velg. Pilih tukan setel velg yang menurut kamu paling bagus.

Kesimpulan dari penjelasan diatas, penggunaan velg jari jari cukup menguntungkan selain membikin kaki-kaki motor lebih ringan, motor juga lebih empuk ketika digunakan. akan tetapi dengan syarat menggunakan velg yang awet serta perawatan rutin sehingga tidak cepat rusak.

Semoga bermanfaat

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Velg Jari-jari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Velg Jari-jari"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.