Tips & Trik Otomotif, Review, Inspirasi Modifikasi dan Berita Otomotif

Sunday, 22 March 2015

Cara Mengatasi Rem Motor Blong Terkena Oli

Advertisement

Rem merupakan elemen penting dalam sepeda motor. maka dari itu perlu perhatian ekstra di sektor pengereman ini. apalagi jika rem mengalami masalah ketika sedang di operasikan, salah satunya rem yang kurang pakem akibat cakram dan kampas terkena oli. Hal ini sering terjadi karena oli rem yang bocor atau as shock depan motor yang bocor sehingga oli as shock mengalir ke cakram . Bagaimanakah cara mengatasi rem cakram yang kurang pakem karena terkena oli? berikut salah satu cara yang saya pakai untuk mengatasinya supaya rem cakram kembali normal.

Cara Mengatasi Rem Motor Blong Terkena Oli

Jika piringan cakram dan kampas terkena oli,cara pertama yaitu cuci bersih cakram,kaliper dan kampas menggunakan sabun cuci piring (anda bisa membongkar kaliper dulu agar lebih mudah), yang bertujuan menghilangkan minyak rem yang menempel. dengan cacatan dilakukan pencucian berulang- ulang agar minyak benar-benar hilang. jika hari pertama di cuci rem tetap blong maka cucilah untuk yang kedua kalinya. bersihkan pula sela-sela garis pada kampas rem sampai benar-benar bersih.

Jika oli tetap membandel dan menempel di kampas rem, kamu bisa menggerinda permukaan kampas rem sampai oli menghilang yang sebelumnya sudah dilakukan pencucian. biasanya kampas rem yang terkena oli permukaanya akan licin dan rata. Jadi perlu di bersihkan sela-sela kampas dan permukaannya sehingga kembali normal.

Jika cara pertama dan kedua tetap tidak bisa dan rem tetap terasa licin, maka cara satu-satunya adalah dengan mengganti kampas rem. Jangan lupa juga sebelum mengganti kampas rem motor cakram harus dalam kondisi tidak ada oli sedikitpun. Harga kampas rem cakram bervariasi mulai sekitar 45 ribu untuk kampas rem asli sampai 30 ribu untuk kualitas nomor 2.

Jenis-jenis bahan kampas rem :
1. Bahan organik  (terbuat dari kaca, kevlar dan carbon).
2. Bahan semi metal (Terbuat dari besi , tembaga atau baja).
3. Bahan keramik (Campuran dari carbon dan silicon).
4. Bahan sinter  (Campuran bubuk tembaga, carbon dan grafit).

Sebaiknya segera perbaiki sistem pengereman kamu ketika mulai terjadi masalah. Karena rem merupakan elemen penting dalam sepeda motor. Mungkin itu sedikit tips dari saya untuk mengatasi rem blong yang terkena oli pada motor.

Keep safety riding

Cara Mengatasi Rem Motor Blong Terkena Oli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 Response to "Cara Mengatasi Rem Motor Blong Terkena Oli"

Silahkan beri komentar untuk artikel ini.